Dua Pohon di Taman Eden.

Bumi diciptakan selama 6 hari dan pada hari ketujuh Sang Pencipta berhenti dan memberkati hari itu, dapat dibaca dalam Kejadian 2:1-3.
Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya. Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Setelah Bumi diciptakan, Adam sebagai manusia tinggal di Taman Eden, hidup dan berinteraksi dengan mahluk hidup ciptaan yang lain serta diberi tugas oleh Sang Pencipta untuk memelihara dan merawat Taman Eden (Kejadian 2:15).
Perlu untuk diketahui, Adam bukanlah satu-satunya manusia yang diciptakan saat itu, namun Adam adalah satu-satunya manusia yang hidup di Taman Eden karena ia memiliki tugas mulia. Sebagai bukti:
• Kejadian 1:27 “….diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.” Saat itu Sang Pencipta sudah menciptakan manusia sebagai laki-laki dan perempuan, berarti minimal sudah ada satu pasang manusia.
• Kejadian 1:28 “…Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi..” Demikian jelas dikatakan bahwa sepasang manusia tersebut diberikan perintah untuk bertambah banyak dengan memiliki anak.
Kembali kepada Adam yang diberikan tugas oleh Sang Pencipta untuk memelihara dan merawat Taman Eden, Sang Pencipta juga memberikan sebuah perintah larangan kepada manusia pertama tersebut, Kejadian 2:16-17.
“Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”
Perlu untuk diketahui bahwa saat itu di Taman Eden ada 2 buah Pohon penting:
1. Pohon Pengetahuan Tentang yang Baik dan Jahat.
2. Pohon Kehidupan.
Dan saat itu, seperti apa yang dituliskan dalam Kejadian 2:16-17, yang dilarang hanya memakan buah dari Pohon Pengetahuan Tentang yang Baik dan Jahat. Tidak ada larangan untuk memakan buah dari Pohon Kehidupan.
Saat itu Adam yang akhirnya dikarenakan ia merasa kesepian, maka ia diberikan teman yang diambil dari tulang rusuknya yang kemudian diberi nama Hawa, lalu mereka dengan bebasnya melakukan apapun, memakan apapun termasuk buah dari Pohon Kehidupan. Karena saat itu Adam dan Hawa tidak mengenal yang namanya waktu, mereka hidup dan menjalani hidup yang tidak memiliki akhir, mereka hidup kekal sama seperti Sang Pencipta, karena manusia memang diciptakan oleh Sang Pencipta sesuai dengan gambar dan rupaNya Kejadian 1:26-27.
Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

Kembali pada kedua pohon yang ada di Taman Eden, Pohon Pengetahuan Tentang yang Baik dan Jahat dan Pohon Kehidupan. Kedua pohon ini memiliki fungsi masing-masing, dan saat itu hanya ada satu hukum yang berlaku, satu larangan yang diberikan.
Hukum tersebut adalah:
1. Janganlah kaumakan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat.
Apabila ada hukum, pasti ada hukuman. Berikut ini adalah hukuman yang berlaku apabila melanggar hukum diatas, hanya ada satu hukuman:
1. Sebab pada hari engkau memakan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, pastilah engkau mati.
Kata “mati”, berarti berakhir atau berhenti. Yakni dari yang sebelumnya memiliki kekekalan atau abadi, kekekalan tersebut akan berhenti atau berakhir.
Pohon yang pertama jika dimakan akan mati
Pohon yang kedua jika dimakan akan hidup kekal

Published in: on January 25, 2010 at 7:26 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://anovthegreat.wordpress.com/2010/01/25/dua-pohon-di-taman-eden/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: